Selasa, 01 November 2016

Makalah Pasar Monopoli

MAKALAH



(Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Ekonomi)



Guru Pengajar :
Indah Marianingsih ,SE




Disusun Oleh :

Nama : Selvi Puspita Handayani

Kelas : X.1


SMA NEGERI 1 KLAPANUNGGAL

Jl. Raya Terusan Bojong Klapanunggal Kec. Klapanunggal Kab. Bogor 16820
NSS. 301020232173, NPSN. 20276388 email:smanklapanunggal@gmail.com
Tahun Ajaran 2015-2016


DAFTAR ISI
COVER............................................................................................................................................i
KATA PENGANTAR.....................................................................................................................ii
DAFTAR ISI..................................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang ...........................................................................................................................
  2. Rumusan Masalah.......................................................................................................................
  3. Tujuan.........................................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pasar Monopoli..........................................................................................................
2.2 Macam-Macam Pasar Monopoli..................................................................................................
2.3 Ciri-Ciri Pasar Monopoli.............................................................................................................
2.4 Faktor Penyebab Monopoli..........................................................................................................
2.5 Kebaikan dan Keburukan Pasar Monopoli..................................................................................
2.6 Contoh Pasar Monopoli...............................................................................................................
BAB III KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan..................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dewasa ini, banyak dari kita yang tidak bisa mendefinisikan apa itu pasar monopoli.  Kegiatan monopoli sendiri terkadang kita jumpai di suatu negara.Di suatu Negara, ada juga yang menerapkan kegiatan monopoli di dalam suatu pasar. Kegiatan tersebut juga sangat berpengaruh pada perekonomian di suatu negara.
Akhir-akhir ini, berita hukum ekonomi ditandai dengan pro dan kontra tentang monopoli dan persaingan tidak sehat lainnya.Tak bisa dibantah lagi bahwa undang-undang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat itu perlu karena kita tidak ingin perekonomian negara ini hanya dikuasai oleh pengusaha yang memiliki sistem pasar yang monopolistis dan persaingan tidak sehat lainnya.
 Struktur pasar yangdemikian itu tidak hanya merugikan mekanisme pasar, yang seharusnya dituntut oleh kompetensi yang sehat, tetapi juga akan merugikan pengusaha kecil dan terlebih lagi bagi konsumen. Konsumen merasakan dampak yang sangat dominan ketika harga yang ditawarkan para monopolis terlalu tinggi sedangkan produk tersebut sangat dibutuhkan. Dalam jangka panjang, bila semua ini tidak diatasi sedini mungkin maka struktur perekonomian kita akan diwarnai dengan kesenjangan yang tajamdan tidak sehat. Untuk itu perlu sekali adanya campur tangan pemerintah dalam mengatur pasar monopoli ini.
Demikian makalah ini semoga bermanfaat.

      B. Rumusan Masalah
   Berdasarkan pembahasan diatas dapat diambil beberapa rumusan masalah, yaitu:
   1. Apa pengertian pasar monopoli?
   2. Apa saja macam-macam pasar monopoli?
   3. Apa ciri-ciri  pasar monopoli?
4. Apa faktor-faktor yang menimbulkan monopoli?
5. Apakah kelebihan dan kelemahan monopoli?
   6. Sebutkan contoh-contoh pasar monopoli!
C.     Tujuan
          Berdasarkan uraian diatas dapat diketahui beberapa tujuan, yaitu:
  1. Dapat mengetahui apa itu pasar monopoli.
  2. Mengetahui macam-macam pasar monopoli.
3.  Mengetahui ciri-ciri pasar monopoli.
4. Mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan monopoli.
5Mengetahui kebaikan dan keburukan dari pasar monopoli.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.
B. Macam-Macam Pasar Monopoli 1. Alamiah : Muncul karena keadaan alam yang khas.
Monopoli alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa umum(utilities) seperti perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan prusahaan amgkutan kereta api.
2. Undang-Undang : Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-Undang. Terdiri dari : Monopoli negara — Hak cipta — Hak paten — Hak merk3. Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.4. Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.5. Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat / biaya produksi.6. Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahan baku.

C. Ciri-ciri Pasar Monopoli1. Terdapat satu penjual Penjual tunggal berhak menguasai pasar yang dimonoplinya, tanpa ada campur tangan dari pihak manapun) dengan banyak pembeli
2. Harga ditentukan penjual/produsen (monopoli)3. Perusahaan lain sulit memasuki pasar4. Konsumen tidak bisa pindah walau rugi5. Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
6. Tidak ada produsen lain yang memproduksi barang substitusi
7. Pembeli tidak punya pilihan lain
8. Keuntungan terpusat pada satu produsen
9. Diatur oleh UU
10. Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual.
11. Jenis barang yang diproduksi tidak ada penggantinya. Barang yang ada dalam pasar monopoli tidak ada yang sama. Misalnya terdapat monopoli shampo, maka disana hanya ada satu pedagang shampo dan tidak ada pedagang shampoo yang lain. tetapi jangan diartikan bahwa tidak ada pedagang lain selain pedagang shampo, misalnya sepatu, rokok, kaset, dan sebagainya, tetap ada. Sebab semua pedagang itu bukan merupakan substitutusi yang baik untuk shampo.
12. Ada hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan masuk dalam pasar monopoli. Faktor penghambat ini ada dua macam, yaitu faktor penghambat teknis dan faktor penghambat legal.


D. Faktor Penyebab Monopoli
Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli.Ketiga faktor tersebut adalah:
  1. Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain. 
  2. Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatu sumber daya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber daya yang unik.
  3.  Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala Ekonomi (Economies of Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat Tinggi.
  4. Monopoli ada dan berkembang melalui UU yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.

E. Kebaikan dan Keburukan Pasar Monopoli Kebaikan :
-
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
- Adanya efisiensi usaha karena produksinya dilakukan dalam skala besar.
-
Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
-
Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
-
Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
- Keuntungan yang didapat produsen tinggi
- Melindungi barang dan jasa yang menguasai hajat hidup dari produsen yang semena-mena Keburukan :
-
Perusahaan lain sulit memasuki pasar
-
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
-
Jumlah produk tergantung monopolis
-
Monopolis umumnya bertindak boros
-
Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
-
Tidak dapat dimasuki karena diatur pemerintah dan UU
- Pembeli tidak punya barang substitusi atau pilihan lain
- Keuntungan terpusat di satu produsen
- Dapat terjadi eksploitasi pembeli dengan permainan harga

F. Contoh Pasar Monopoli
Contoh Produk :
microsoft windows, perusahaan listrik negara (PLN), perusahaan kereta api (PT.KAI)
Contoh Monopoli yang tidak di larang :
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu:
1.    Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
2.    Ciri-ciri antara lain pasar monopoli adalah industri satu perusahaan, tidak mempunyai barang pengganti yang mirip, tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri, dapat mempengaruhi penentuan harga, promosi iklan kurang diperlukan.
3.  Faktor-faktor yang menimbulkan monopoli antara lain perusahaan monopoli memiliki suatu sumber daya yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain, perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi(economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi, monopoli wujud dan berkembang melalui undang - undang yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
4.  Monopoli cenderung dapat memperburuk distribusi pendapatan dalam masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Rosyidi, Suherman, Pengantar Teori Ekonomi, (Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro Dan Makro),Cetakan ke empat, Penerbit: Duta Jasa, Surabaya, 1991.
Nuraini, Ida, Pengantar Ekonomi Mikro, Cetakan ke empatPenerbit: UMM Pres, Malang, 2005.
Nopirin, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro, Penerbit: BPFE, Yogyakarta, 2000.
Tom Gunadi, Sistem Perekonomian Menurut Pancasila dan UUD’45:Angkasa,Bandung












Tidak ada komentar:

Posting Komentar