MAKALAH
(Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Ekonomi)
Guru
Pengajar :
Indah
Marianingsih ,SE
Disusun
Oleh :
Nama
: Selvi Puspita Handayani
Kelas
: X.1
SMA NEGERI 1
KLAPANUNGGAL
Jl.
Raya Terusan Bojong Klapanunggal Kec. Klapanunggal Kab. Bogor 16820
NSS.
301020232173, NPSN. 20276388 email:smanklapanunggal@gmail.com
Tahun
Ajaran 2015-2016
DAFTAR ISI
COVER............................................................................................................................................i
KATA
PENGANTAR.....................................................................................................................ii
DAFTAR
ISI..................................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang ...........................................................................................................................
- Rumusan Masalah.......................................................................................................................
- Tujuan.........................................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Pasar
Monopoli..........................................................................................................
2.2
Macam-Macam
Pasar
Monopoli..................................................................................................
2.3
Ciri-Ciri
Pasar
Monopoli.............................................................................................................
2.4
Faktor
Penyebab
Monopoli..........................................................................................................
2.5
Kebaikan dan Keburukan
Pasar
Monopoli..................................................................................
2.6 Contoh Pasar Monopoli...............................................................................................................
2.6 Contoh Pasar Monopoli...............................................................................................................
BAB III KESIMPULAN
3.1
Kesimpulan..................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dewasa
ini, banyak dari kita yang tidak bisa mendefinisikan apa itu pasar
monopoli. Kegiatan monopoli sendiri terkadang kita jumpai di
suatu negara.Di suatu Negara, ada juga yang menerapkan kegiatan
monopoli di dalam suatu pasar. Kegiatan tersebut juga sangat
berpengaruh pada perekonomian di suatu negara.
Akhir-akhir ini,
berita hukum ekonomi ditandai dengan pro dan kontra tentang monopoli
dan persaingan tidak sehat lainnya.Tak bisa dibantah lagi bahwa
undang-undang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak
sehat itu perlu karena kita tidak ingin perekonomian negara ini hanya
dikuasai oleh pengusaha yang memiliki sistem pasar yang monopolistis
dan persaingan tidak sehat lainnya.
Struktur pasar
yangdemikian itu tidak hanya merugikan mekanisme pasar, yang
seharusnya dituntut oleh kompetensi yang sehat, tetapi juga akan
merugikan pengusaha kecil dan terlebih lagi bagi konsumen. Konsumen
merasakan dampak yang sangat dominan ketika harga yang ditawarkan
para monopolis terlalu tinggi sedangkan produk tersebut sangat
dibutuhkan. Dalam jangka panjang, bila semua ini tidak diatasi sedini
mungkin maka struktur perekonomian kita akan diwarnai dengan
kesenjangan yang tajamdan tidak sehat. Untuk itu perlu sekali adanya
campur tangan pemerintah dalam mengatur pasar monopoli ini.
Demikian makalah ini
semoga bermanfaat.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
pembahasan diatas dapat diambil beberapa rumusan masalah, yaitu:
1. Apa
pengertian pasar monopoli?
2. Apa
saja macam-macam
pasar monopoli?
3.
Apa
ciri-ciri pasar monopoli?
4. Apa
faktor-faktor yang menimbulkan monopoli?
5.
Apakah
kelebihan dan kelemahan monopoli?
6.
Sebutkan contoh-contoh
pasar monopoli!
C.
Tujuan
Berdasarkan uraian
diatas dapat diketahui beberapa tujuan, yaitu:
- Dapat mengetahui apa itu pasar monopoli.
- Mengetahui macam-macam pasar monopoli.
3. Mengetahui
ciri-ciri pasar monopoli.
4.
Mengetahui
faktor-faktor yang menimbulkan monopoli.
5. Mengetahui
kebaikan
dan keburukan
dari pasar monopoli.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.
B. Macam-Macam Pasar Monopoli 1. Alamiah : Muncul karena keadaan alam yang khas.
Monopoli
alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa
umum(utilities) seperti
perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan
prusahaan amgkutan kereta api.
2. Undang-Undang : Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-Undang. Terdiri dari : Monopoli negara — Hak cipta — Hak paten — Hak merk3. Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.4. Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.5. Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat / biaya produksi.6. Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahan baku.
2. Undang-Undang : Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-Undang. Terdiri dari : Monopoli negara — Hak cipta — Hak paten — Hak merk3. Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.4. Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.5. Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat / biaya produksi.6. Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahan baku.
C. Ciri-ciri Pasar Monopoli1. Terdapat satu penjual Penjual tunggal berhak menguasai pasar yang dimonoplinya, tanpa ada campur tangan dari pihak manapun) dengan banyak pembeli
2. Harga ditentukan penjual/produsen (monopoli)3. Perusahaan lain sulit memasuki pasar4. Konsumen tidak bisa pindah walau rugi5. Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
6.
Tidak
ada produsen lain yang memproduksi barang substitusi
7.
Pembeli
tidak punya pilihan lain
8.
Keuntungan
terpusat pada satu produsen
9.
Diatur oleh UU
10.
Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual.
11.
Jenis barang yang diproduksi tidak ada penggantinya. Barang yang ada
dalam pasar monopoli tidak ada yang sama. Misalnya terdapat monopoli
shampo, maka disana hanya ada satu pedagang shampo dan tidak ada
pedagang shampoo yang lain. tetapi jangan diartikan bahwa tidak ada
pedagang lain selain pedagang shampo, misalnya sepatu, rokok, kaset,
dan sebagainya, tetap ada. Sebab semua pedagang itu bukan merupakan
substitutusi yang baik untuk shampo.
12.
Ada hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan
masuk dalam pasar monopoli. Faktor penghambat ini ada dua macam,
yaitu faktor penghambat teknis dan faktor penghambat legal.
D.
Faktor
Penyebab Monopoli
Terdapat
tiga faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan)
monopoli.Ketiga
faktor tersebut adalah:
- Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain.
- Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatu sumber daya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber daya yang unik.
- Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala Ekonomi (Economies of Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat Tinggi.
- Monopoli ada dan berkembang melalui UU yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
E.
Kebaikan dan Keburukan
Pasar
Monopoli
Kebaikan
:
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
-
Adanya efisiensi usaha karena produksinya dilakukan dalam skala
besar.
- Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
- Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
- Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
- Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
-
Keuntungan
yang didapat produsen tinggi
-
Melindungi
barang dan jasa yang menguasai hajat hidup dari produsen yang
semena-mena
Keburukan
:
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Jumlah produk tergantung monopolis
- Monopolis umumnya bertindak boros
- Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
- Tidak dapat dimasuki karena diatur pemerintah dan UU
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Jumlah produk tergantung monopolis
- Monopolis umumnya bertindak boros
- Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
- Tidak dapat dimasuki karena diatur pemerintah dan UU
-
Pembeli
tidak punya barang substitusi atau pilihan lain
- Keuntungan
terpusat di satu produsen
-
Dapat
terjadi eksploitasi pembeli dengan permainan harga
F.
Contoh Pasar Monopoli
Contoh Produk
:
microsoft windows,
perusahaan listrik negara (PLN), perusahaan kereta api (PT.KAI)
Contoh Monopoli
yang tidak di larang
:
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pembahasan
diatas dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu:
1. Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu
perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak
mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
2. Ciri-ciri
antara lain pasar monopoli adalah industri satu perusahaan, tidak
mempunyai barang pengganti yang mirip, tidak terdapat kemungkinan
untuk masuk ke dalam industri, dapat mempengaruhi penentuan harga,
promosi iklan kurang diperlukan.
3.
Faktor-faktor
yang menimbulkan monopoli antara lain perusahaan monopoli memiliki
suatu
sumber
daya yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain, perusahaan
monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi(economies
of scale) hingga
ke tingkat produksi yang sangat tinggi, monopoli wujud dan berkembang
melalui undang - undang yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada
perusahaan tersebut.
4.
Monopoli
cenderung dapat memperburuk distribusi pendapatan dalam masyarakat.
DAFTAR
PUSTAKA
Rosyidi, Suherman, Pengantar Teori Ekonomi, (Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro Dan Makro),Cetakan ke empat, Penerbit: Duta Jasa, Surabaya, 1991.
Nuraini,
Ida, Pengantar Ekonomi Mikro, Cetakan ke empatPenerbit: UMM Pres,
Malang, 2005.
Nopirin, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro, Penerbit: BPFE, Yogyakarta, 2000.
Nopirin, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro, Penerbit: BPFE, Yogyakarta, 2000.
Tom
Gunadi, Sistem Perekonomian Menurut Pancasila dan
UUD’45:Angkasa,Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar